Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Tuesday, January 31, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Memahami Tata Surya dan Jagat Raya
Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan Tata Surya
Indikator                     : Mendeskripsikan Planet sebagai anggota tata surya
                                       Mendeskripsikan susunan Planet dalam Tata Surya
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk :
·      Mendeskripsikan pengertian Planet
·      Menyebutkan susunan planet berdasarkan jarak dan massa
·      Menjelaskan karakteristik masing-masing planet yang ada dalam Tata Surya

B.  Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Planet
Planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai, yang berarti pengembara. Hal ini disebabkan kedudukan planet terhadap bintang tidaklah tetap.
Planet adalah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri dan beredar mengelilingi matahari (bintang).
2.      Ciri-ciri planet
Menurut perhimpunan astronomi internasional yang dilaksanakan di Praha, Cekoslovakia tanggal 24 agustus 2006, ciri-ciri planet adalah sebagai berikut:
a. mengorbit ke matahari
b. mempunyai massa yang cukup bagi gaya gravitasinya
c. telah menyingkirkan objek-objek lain dari orbitnya
d. tidak mempunyai sumber cahaya


3.    Klasifikasi planet
Berdasarkan massanya, planet dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
a.    Planet bermassa besar (superior planet), terdiri atas jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus
b.    Planet bermassa kecil (inferior planet), terdiri atas merkurius, venus, bumi, mars

Berdasarkan jaraknya ke matahari, planet dapat dibedakan atas planet dalam dan planet luar.
a.    Planet dalam (interior planet), yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih pendek daripada jarak rata-rata planet bumi ke matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk planet dalam adalah planet merkurius dan venus
b.    Planet luar (eksterior planet), yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih panjang daripada jarak rata-rata planet bumi ke matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk planet dalam adalah planet mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

4.    Karakteristik planet
a.    Merkurius
Merupakan planet paling dekat dengan matahari, jarak rata-ratanya hanya sekitar 57,8 juta km. Suhu udara pada siang hari sangat panas mencapai 400 derajat c.
b.    Venus
Planet yang letaknya paling dekat ke bumi, yaitu sekitar 42 juta km, sehingga dapat terlihat jelas dari bumi sebagai suatu noktah kecil yang sangat terang dan berkilau menyerupai bintang pada pagi atau senja. Venus sering disebut sebagai bintang kejora.
c.    Bumi
Jarak rata-rata ke matahari sekitar 150 juta km, periode revolusinya sekitar 365,25 hari, dan periode rotasinya 23 jam 56 menit dengan arah barat-timur.
d.   Mars
Merupakan planet yang paling dekat di bumi. Planet ini tampak sangat jelas dari bumi setiap 2 tahun 2 bulan sekali yaitu pada kedudukan oposisi.

e.    Jupiter
Dalam planet terbesar dalam tata surya, diameternya sekitar 142.600 km. Jarak rata-rata ke matahari sekitar 778 juta km.
f. Saturnus
Merupakan planet terbesar kedua setelah jupiter, diameternya sekitar 120.200 km, periode rotasinya sekitar 10 jam 14 menit, dan revolusinya sekitar 29,5 tahun.
g.    Uranus
Merupakan planet raksasa yang sebagian besar massanya berupa gas dan bercincin. Ketebalan cincinnya hanya 1 meter terdiri atas partikel-partikel gas yang sangat tipis dan redup.
h.    Neptunus
Mempunyai dua cincin utama dan dua cincin redup bagian dalam yang mempunyai lebar sekitar 15 km. Atmosfer neptunus dipenuhi oleh hidrogen, helium, metana, dan amonia yang lebih padat dibandingkan dengan jupiter dan saturnus.

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, Diskusi kelompok, Tanya jawab, Penugasan
D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·      Berdoa
·      Mengabsen
·      Apersepsi
-       Siswa diingatkan kembali mengenai planet Bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup, untuk kemudian diingatkan bahwa dalam Tata Surya tidak hanya ada planet Bumi, tetapi juga terdapat planet-planet lain yang sama-sama mengelilingi Matahari.

1 menit
2 menit
3 menit



2.
Inti
·      Eksplorasi
-       Menggali sejauh mana pengetahuan siswa mengenai materi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan planet-planet yang ada dalam Tata Surya.
·       Elaborasi
-       Guru menyampaikan materi mengenai pengertian planet, ciri-ciri planet, planet berdasarkan jarak dan massa
-       Guru menyampaikan karakteristik masing-masing planet yang ada dalam Tata Surya dengan menggunakan media Film/video.
-      Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Nama kelompok disesuaikan dengan nama planet.
-      Guru memberikan materi yang berisi bahan diskusi kepada kelompok.
-      Guru menjelaskan aturan diskusi dengan menggunakan Power Point
-      Guru memberikan pertanyaan pada setiap kelompok yang berkaitan dengan kajian kelompok tersebut dengan menggunakan Power Point
-      Guru melakukan pembahasan.
-      Guru memberikan latihan soal yang dikerjakan secara berkelompok
-      Guru melakukan pembahasan
·       Konfirmasi
-       Guru bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

5 menit




25 menit




















4 menit


3.
Penutup
·      Refleksi : siswa mengungkapkan kembali tentang bagaimana suatu benda angkasa sehingga dapat di sebut planet
·       Kesimpulan : siswa menyimpulkan tentang konsep planet dalam Tata Surya.
5 menit


E.  Sumber dan Media Pembelajaran
1.    Buku Geografi SMA Kelas X - Pusat Perbukuan DEPDIKNAS
2.    Buku Geografi SMA Kelas X - ESIS
3.    LKS Geografi Kelas X – Swadaya Murni
4.    LCD
5.    Power Point
6.    Film
7.    Bahan diskusi kelompok

F.   Penilaian
1. Penilaian Kognitif
Teknik: Diskusi Kelompok
Bentuk instrumen: Tabel isian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Mendeskripsikan karakteristik Planet sebagai anggota tata surya

Diskusi kelompok


Uraian  
-    Pertanyaan : berapa jumlah satelit yang dimiliki oleh planet Mars
-    Jawaban : 2 (phobos dan deimos)
Pedoman Penilaian:
Jawaban benar = 100

Teknik : Tertulis
Bentuk instrumen: Soal Uraian
No
Indikator
Butir Soal
Jawaban
Skor
1
Mendeskripsikan planet sebagai anggota Tata Surya
Bagaimanakah karakteristik suatu benda angkasa sehingga dapat di sebut planet?
mengorbit ke matahari, mempunyai massa yang cukup bagi gaya gravitasinya, telah menyingkirkan objek-objek lain dari orbitnya, tidak mempunyai sumber cahaya
30
2
Mendeskripsikan susunan Planet dalam Tata Surya
Sebutkan nama planet yang termasuk planet superior (besar)!
Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
20
Pedoman penilaian:
Nilai siswa = Skor perolehan     X 100
                      Skor maksimal

2. Penilaian Afektif
Lembar Penilaian Afektif
No
Nama siswa
Indikator
Jumlah nilai
Perhatian
Toleransi
Tanggung Jawab
Keterampilan







Keterangan:
4 : sangat santun dan bertanggung jawab
3: santun dan bertanggung jawab
2: kurang santun dan kurang bertanggung jawab
1: tidak santun dan tidak bertanggung jawab
Skor
Kelas interval
Nilai
15-16
90-100
A (sangat baik)
13-14
80-89
B (baik)
11-12
70-79
C (cukup)
9-10
60-69
D (kurang)

Bandung,     Desember 2011
Mengetahui,

Kepala SMA Pasundan 3 Bandung
Guru Mata Pelajaran Geografi



()
                    NIP.                                                                                                                                                       
()
NIP.
                                                                                                         

0 comments: