Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Tuesday, September 4, 2012

Hasil Belajar


Hasil belajar yang diperoleh siswa diukur berdasarkan nilai sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dilakukan, serta nilai tugas yang dikerjakan siswa. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan seseorang setelah mengikuti kegiatan belajar. Seorang siswa dalam belajarnya tentu mempunyai tujuan tertentu, yang salah satunya adalah ingin berhasil dengan prestasi yang diharapkan.
Hasil belajar menurut Muhibbin Syah,
sebagaimana yang dikutip oleh Abu Muhammad Ibnu Abdullah (2008) adalah “taraf keberhasilan murid atau santri dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah atau pondok pesantren yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu”.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2010), dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan hasil belajar adalah “penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru”.
Dimyati dan Mudjiono, (2009:245) mengemukakan bahwa: “hasil belajar biasanya dinyatakan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru”. Hasil belajar adalah kemampuan yang telah dicapai siswa secayra optimal setelah mengikuti proses pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk nilai (angka).
Hasil belajar siswa tidak tergantung hanya pada satu faktor atau komponen belajar saja, namun tergantung berbagai faktor yang terlibat dalam proses belajar mengajar di sekolah. Faktor-faktor tersebut satu sama lain saling berkaitan dan memberikan sumbangan pada peserta didik, dalam usaha pencapaian prestasi belajar yang diinginkan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, menurut Slameto (2003: 54-70), adalah sebagai berikut:
a.    Faktor internal (faktor yang ada dalam diri individu) meliputi faktor jasmaniah, faktor psikologis, dan faktor kelelahan
b.    Faktor eksternal (faktor yang ada di luar individu) meliputi faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

Hasil belajar dalam pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar mempunyai beberapa fungsi, seperti yang diungkapkan oleh W.S Winkel (1987:13) yaitu:
a.    Hasil belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai anak didik
b.    Hasil belajar sebagai lambang pemusatan hasrat keingintahuan
c.    Hasil belajar sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan
d.   Hasil belajar sebagai indicator intern dan ekstern dari situasi institusi pendidikan
e.    Hasil belajar dapat dijadikan indicator terhadap daya serap kecerdasan anak didik


0 comments: