Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Saturday, October 20, 2012

Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here


Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah salah satu metode dalam model pembelajaran aktif (Active Learning). “Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya di kelas belajar”. (Sudjana, 1989).

Langkah-langkah penerapan metode every one is a teacher here, menurut Hisyam (2008:60) yaitu:
a.    Berikan bahan bacaan dan minta peserta didik untuk membaca bahan tersebut
b.    Bagikan secarik kertas kepada seluruh peserta didik
c.    Mintalah peserta didik untuk membuat pertanyaan dari bahan tersebut dan ditulis dikertas
d.   Mintalah peserta didik mengumpulkan pertanyaan yang ditulis
e.    Kocoklah kertas pertanyaan tersebut, lalu bagikan kembali kepada semua peserta didik
f.     Mintalah peserta didik membaca dalam hati sambil memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut
g.    Panggil secara bergantian setiap peserta didik untuk membaca pertanyaan dan jawaban masing-masing
h.    Minta peserta didik lain untuk memberikan tanggapan

Penjelasan dari langkah-langkah diatas yaitu dimulai dari guru untuk mempersiapkan bahan pengajaran, berupa “bacaan” sesuai dengan Pokok Bahasan atau materi yang akan diajarkan. Siswa kemudian ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari materi/bahan yang sedang diajarkan tersebut. Pertanyaan tersebut dibuat dalam suatu kartu yang sebelumnya telah kartu tersebut dituliskan nomor absensi siswa yang dipersiapkan oleh guru. Setelah selesai siswa membuat pertanyan, kartu pertanyaan (card quest) tersebut dikumpulkan untuk kemudian dibagikan kembali kepada siswa secara acak. Selanjutnya, yaitu siswa dari masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan dan menjawabnya, ditunjuk yang disesuaikan dengan nomor absensinya dan siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Guru pada tahapan ini dapat mengevaluasi (memberikan penilaian).
Dengan demikian, melalui metode every one is a teacher here tersebut, hasil yang diharapkan adalah:
a.    Setiap diri masing-masing siswa berani mengemukakan pendapat (menyatakan dengan benar) melalui jawaban atas pertanyaan yang telah dibuatnya berdasarkan sumber bacaan yang diberikan
b.    Mampu mengemukakan pendapat melalui tulisan dan menyatakannya di depan kelas
c.   Siswa lain, yang berani mengemukakan pendapat dan menyatakan kesalahan jawaban dari kelompok lain yang disanggah
d.   Terlatih dalam menyimpulkan masalah dan hasil kajian pada masalah yang dikaji.

0 comments: