Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Monday, September 23, 2013

Contoh RPP IPS Terpadu Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 1
(Kondisi Fisik Wilayah Indonesia)

Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester           : VII/1
Mata Pelajaran             : IPS Terpadu
Alokasi Waktu             : 14x40 menit (4 minggu)

KOMPETENSI INTI:
KI-I:     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,    gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin   tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
1.       Menjelaskan letak Indonesia secara astronomis, geografis, dan geologis;
2.       Menjelaskan pengaruh letak Indonesia terhadap kehidupan yang dapat dirasakan sehari-hari;
3.       Membandingkan keadaan iklim Indonesia dengan iklim negara-negara lain di dunia;
4.       Menjelaskan bentuk muka bumi Indonesia;
5.       Mengemukakan keanekaragaman hayati Kepulauan Indonesia.

PERTEMUAN I:
A.  Tujuan
1.      Mendeskripsikan pengertian letak astronomis dan letak geografis
2.      Menjelaskan batas-batas letak astronomis dan geografis Indonesia
3.      Menyebutkan wilayah Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa
4.      Menjelaskan tiga daerah waktu yang ada di Indonesia
5.      Mengidentifikasi pengaruh letak geografis terhadap kehidupan Indonesia yang dapat dirasakan sehari-hari

B.   Materi Pembelajaran
1.      Letak Astronomis Indonesia
2.      Letak Geografis Indonesia

C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan Umum: Deduktif-Induktif
Metode: Problem Based Instruction (PBI)
D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media    : PowerPoint Unit 1 IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII (Grafindo Media Pratama), Peta Indonesia, Atlas Indonesia.
2.      Alat       : Whiteboard, Spidol, Penghapus, Infocus, Komputer.
3.      Sumber Pembelajaran   : Buku IPS Terpadu untuk SMP/Mts kelas VII (Grafindo Media Pratama), Internet, buku sumber lain yang relevan.

E.   Kegiatan Pembelajaran

1.      Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dengan menceritakan negara Indonesia sebagai ‘tempat tinggal’ beserta iklim, musim, dan garis khatulistiwa yang dimilikinya. Diceritakan juga bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan posisi/letak Indonesia, baik secara astronomis maupun geografis.
b.      Apersepsi
Bertanya jawab tentang hubungan antara letak Indonesia dengan iklim, musim, dan garis khatulistiwa.
1)      Wilayah mana saja yang dilewati oleh garis khatulistiwa?
2)      Apa perbedaan antara letak astronomis dengan letak geografis?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia

2.        Inti
a.    Membimbing siswa untuk
Mengamati
1)      Mengamati Peta dan Atlas Indonesia untuk mengetahui letak Indonesia secara astronomis dan geografis
2)      Menyimak bacaan dalam buku paket tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia
3)      Mengamati penjelasan mengenai letak astronomis dan geografis Indonesia yang ditayangkan dengan media PowerPoint

Menanya
1)      Mampu mengajukan pertanyaan tentang alasan ketidakteraturan musim di Indonesia
2)      Menanyakan tentang pengaruh pembagian waktu di Indonesia (WIB, WITA, WIT) terhadap kondisi perekonomian Indonesia

Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ide penyederhanaan tiga waktu (WIB, WITA, WIT) menjadi satu waktu
2)      Mendiskusikan aecara berkelompok tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI

Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis
2)      Menyimpulkan pengaruh letak Indonesia (astronomis dan geografis) dalam kehidupan sehari-hari.
3)      Menyampaikan hasil diskusi tentang lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI, baik secara individu maupun kelompok.

Mengkomunikasikan
1)      Menyebutkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
2)      Menyebutkan pengaruh letak astronomis dan letak geografis yang dapat dirasakan sehari-hari
3)      Menyebutkan pengaruh angin terhadap kehidupan

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk menyimpulkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
b.      Mendorong siswa untuk melakukan refleksi  terkait materi letak astronomis dan letak geografis Indonesia yang telah dipelajari

c.  Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari pembelajaran letak astronomis dan geografis Indonesia.

3 comments:

Arifin J said...

Wah kebetulan lagi nyari info keren

kalau ada waktu mampir ke blog saya terimakasih http://fenomenadi.blogspot.com/

Arifin J said...

wah kebetulan lagi nyari. . .

info bagus

kalau ada waktu mampir sini http://fenomenadi.blogspot.com/

dimas pramudita said...

sangat membantu, thanks ya sob..