Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Thursday, November 26, 2015

Contoh RPP Geografi Kelas XI Kurikulum 2013 (Penggunaan Buku Digital)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Jurusan              : XI/SOSHUM 1
Semester                      : 2       
Materi Pokok              : Lingkungan Hidup (Aliran Energi, Rantai Makanan,
   Siklus Biogeokimia)
Alokasi Waktu            : 4 x 45menit (Pertemuan ke-1 dan 2)

A.      Kompetensi Inti
KI 1         : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
  peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
                   prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4         : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
                   ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.7     Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.
Indikator:
1.        Mengungkapkan pengertian dan komponen lingkungan hidup.
2.        Mengungkapkan pengertian dan komponen ekosistem
3.        Membedakan peran komponen-komponen ekosistem dalam tayangan video.
4.        Menyimpulkan pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik pada tayangan video.
5.        Menjelaskan proses terjadinya aliran energi.
6.        Menjelaskan manfaat proses aliran energi bagi tumbuhan.
7.        Menggambarkan dan menjelaskan skema rantai makanan berdasarkan tayangan video.
8.        Memperkirakan dampak apabila tidak ada pengurai dalam lingkungan hidup pada tayangan video.
9.        Menguraikan tahapan siklus karbon.
10.    Mengemukakan manfaat lingkungan hidup.

4.7     Mengomunikasikan contoh tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dalam bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
Indikator:
1.        Melakukan diskusi kelompok berkaitan dengan pertanyaan mengenai tayangan video.
2.        Melakukan presentasi hasil diskusi kelompok mengenai tayangan video.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Buku Digital Interaktif, peserta didik diharapkan mampu:
1.         mengungkapkan dengan benar pengertian lingkungan hidup,
2.         menjelaskan dengan benar komponen lingkungan hidup,
3.         mengungkapkan dengan benar pengertian ekosistem,
4.         menjelaskan dengan benar dua komponen ekosistem,
5.    membedakan dengan benar peran komponen-komponen ekosistem pada tayangan video,
6.    menyimpulkan dengan benar pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik pada tayangan video,
7.    menjelaskan dengan tepat proses terjadinya aliran energi,
8.    menjelaskan dengan benar manfaat dari proses aliran energi bagi tumbuhan,
9.    menggambarkan dengan tepat skema rantai makanan berdasarkan tayangan video,
10.     menjelaskan dengan benar skema rantai makanan berdasarkan tayangan video,
11.     memperkirakan dengan tepat dampak apabila tidak ada pengurai dalam lingkungan hidup pada tayangan video,
12.     menguraikan dengan benar tahapan siklus karbon,
13.     mengemukakan dengan benar manfaat lingkungan hidup,
14.     mendiskusikan dengan baik secara berkelompok mengenai tayangan video,
15.     mempresentasikan dengan lancar hasil diskusi kelompok mengenai tayangan video.
D.      Materi Pembelajaran
Lingkungan Hidup
1.    Pengertian Lingkungan Hidup
2.    Komponen Lingkungan Hidup
3.    Interaksi Antar Komponen Lingkungan Hidup
4.    Manfaat Lingkungan Hidup
E.       Model Pembelajaran
Inquiry Based Learning
Pendekatan Inquiry Based Learning (IBL) adalah suatu pendekatan yang digunakan dan mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan (informasi), atau mempelajari suatu gejala. Terdapat lima tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu mengamati, mengajukan pertanyaan, mencari jawaban. mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
F.       Sumber dan Alat Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Digital Interaktif
2.         Alat               : -   Komputer
-       Headphone / Headset
G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Apersepsi: guru memberi salam, menyapa peserta didik dan mengabsen.
2.    Peserta didik menjawab sapaan/salam guru dan mengondisikan diri siap belajar.
3.    Motivasi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menjelaskan garis besar materi yang akan dipelajari.
4.    Guru menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran hari ini berbeda dengan pembelajaran sebelumnya, di mana kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Laboratorium Komputer,
5.    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran akan menggunakan Buku Digital Interaktif sebagai sumber belajar.
6.    Guru menyampaikan langkah-langkah dalam penggunaan Buku Digital Interaktif sebagai sumber belajar.
7.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik.

30 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
8.    Peserta didik diminta mengamati tayangan Buku Digital Interaktif, untuk mendapat wawasan mengenai lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia).
9.    Peserta didik diminta untuk mencatat hal-hal yang sudah dipahami dan belum dipahami.
10.    Guru menugaskan untuk membaca kembali tentang hasil pengamatan.

Menanya
11.    Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dipahami
12.    Peserta didik diminta untuk mempelajari materi dalam bentuk pertanyaan pada Buku Digital Interaktif
13.    Guru memberikan tugas untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa


Mencari Jawaban
14.    Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 5 atau 6 peserta didik)
15.    Masing-masing kelompok diarahkan untuk menyaksikan tayangan video dan membaca pertanyaan terkait video tersebut pada Lembar Kerja Siswa.
16.    Masing-masing kelompok mengajukan sebuah pendapat berkaitan dengan pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diajukan.
17.    Masing-masing kelompok mencari sebuah teori atau fakta dan data informasi mengenai lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia).
18.    Masing-masing kelompok diminta mencari informasi atau bahan untuk menjawab dan membuktikan pendapat yang diajukan terkait dengan lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia).

Mengasosiasi
19.    Secara berkelompok, peserta didik merumuskan jawaban pertanyaan Lembar kerja Siswa (LKS) yang terdapat pada Buku Digital Interaktif. Hasil diskusi berupa lembar jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah didiskusikan tersebut.

Mengomunikasikan
20.    Secara bergilir setiap kelompok mengemukakan hasil diskusi kelompoknya.
21.    Kelompok lain memberi tanggapan dan pertanyaan kepada kelompok yang melakukan presentasi.
22.    Setiap kelompok yang sudah melakukan presentasi, membuat kesimpulan mengenai hasil presentasi tersebut.
23.    Guru memberi penghargaan atas hasil kerja kelompok.


20 menit







30 menit






20 menit















20 menit





45 menit
Penutup

24.    Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan pengertian lingkungan hidup, komponen lingkungan hidup, interaksi antar komponen lingkungan hidup, dan manfaat lingkungan hidup.
25.    Peserta didik diminta mengerjakan soal post-test untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran.
26.    Guru mengingatkan materi pertemuan berikutnya mengenai Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan Hidup
15 menit

H.    Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
a.       Instrumen observasi
Menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Instrumen Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lembar Kerja Siswa (LKS) meliputi 5 soal uraian, dan menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kejelasan jawaban, keaslian jawaban, dan kesesuaian jawaban dengan materi pembelajaran.
c.    Instrumen pretest dan posttest
Menggunakan soal pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal.
3.      Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.       Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)      Tes tulis bentuk pilihan ganda.
2)      Penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS)
b.      Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1)      Observasi sikap.

I.       Sumber/Referensi
Buku Digital Interaktif
1.        Somantri, Lili dan Huda, Nurul. 2014. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 2 untuk Kelas XI SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Grafindo Media Pratama
2.        Hestiyanto, Yusman. 2010. Geografi 2 SMA Kelas XI. Penerbit Yudhistira
3.        Samadi. 2014. Geografi untuk SMA Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial.  Penerbit Quadra
4.        Sugimo, Dibyo dan Ruswanto. 2009. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


Bandung,   April 2015
                                                                                                Penulis



                                                                                                Nani Suryani, S.Pd.
                                                                                   

Catatan Guru Mata Pelajaran Geografi
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Jurusan              : XI/SOSHUM 1
Semester                      : 2       
Materi Pokok              : Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan
Alokasi Waktu            : 4 x 45menit (Pertemuan ke-3 dan 4)

A.    Kompetensi Inti
KI 1         : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
  peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
                   prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4         : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
                   ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.7  Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.
Indikator:
1.    mengungkapkan pengertian kualitas lingkungan hidup,
2.    menjelaskan kualitas sebuah lingkungan pada tayangan video, berdasarkan indikator derajat dipenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup hayati,
3.    memperkirakan bentuk penurunan kualitas lingkungan hidup akibat perilaku manusia dan dampaknya terhadap makhluk hidup lain,
4.    membedakan perilaku manusia pada tayangan video dengan perilaku seharusnya,
5.    menyimpulkan hubungan antara perilaku manusia dengan penurunan kualitas lingkungan hidup,
6.    mengungkapkan pengertian, fungsi, dan jenis baku mutu lingkungan hidup,
7.    menguraikan langkah-langkah menyusun baku mutu lingkungan hidup,
8.    mengemukakan tanda-tanda lingkungan biofisik, lingkungan sosial ekonomi, dan lingkungan budaya yang baik

4.7  Mengomunikasikan contoh tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dalam bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
Indikator:
1.    melakukan diskusi kelompok berkaitan dengan pertanyaan mengenai tayangan video,
2.    melakukan presentasi hasil diskusi kelompok mengenai tayangan video.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Buku Digital Interaktif, peserta didik diharapkan mampu:
1.      mengungkapkan dengan benar pengertian kualitas lingkungan hidup,
2.           menjelaskan dengan benar kualitas lingkungan pada tayangan video, berdasarkan indikator derajat dipenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup hayati,
3.           memperkirakan dengan tepat bentuk penurunan kualitas lingkungan hidup akibat perilaku manusia,
4.           memperkirakan dengan tepat dampak penurunan kualitas lingkungan hidup akibat  perilaku manusia terhadap makhluk hidup lain,
5.           membedakan dengan benar perilaku manusia pada tayangan video dengan perilaku seharusnya,
6.           menyimpulkan dengan benar hubungan antara perilaku manusia dengan penurunan kualitas lingkungan hidup,
7.           mengungkapkan dengan benar pengertian baku mutu lingkungan hidup,
8.           mengemukakan dengan tepat fungsi baku mutu lingkungan hidup
9.           menjelaskan dengan benar jenis baku mutu lingkungan hidup,
10.     menguraikan dengan tepat langkah-langkah menyusun baku mutu lingkungan hidup,
11.     mengemukakan dengan benar tanda-tanda lingkungan biofisik yang baik,
12.     mengemukakan dengan benar tanda-tanda lingkungan sosial ekonomi yang baik,
13.     mengemukakan dengan benar tanda-tanda lingkungan budaya yang baik,
14.     mendiskusikan dengan baik secara berkelompok berkaitan dengan pertanyaan mengenai tayangan video,
15.     mempresentasikan dengan lancar hasil diskusi kelompok mengenai tayangan video.
D.      Materi Pembelajaran
Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan
1.      Kualitas Lingkungan Hidup
a.    Biofisik
b.    Sosial Ekonomi
c.    Budaya
2.      Baku Mutu Lingkungan Hidup
a.    Pengertian Baku Mutu Lingkungan Hidup
b.    Fungsi Baku Mutu Lingkungan Hidup
c.    Jenis Baku Mutu Lingkungan Hidup
E.       Model Pembelajaran
Inquiry Based Learning
Pendekatan Inquiry Based Learning (IBL) adalah suatu pendekatan yang digunakan dan mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan (informasi), atau mempelajari suatu gejala. Terdapat lima tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu mengamati, mengajukan pertanyaan, mencari jawaban. mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
F.       Sumber dan Alat Pembelajaran
1.        Sumber     : Buku Digital Interaktif
2.        Alat          : -   Komputer
-       Headphone / Headset
G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Apersepsi: guru memberi salam, menyapa peserta didik dan mengabsen.
2.    Peserta didik menjawab sapaan/salam guru dan mengondisikan diri siap belajar.
3.    Motivasi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menjelaskan garis besar materi yang akan dipelajari.
4.    Guru menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran hari ini masih dilaksanakan di Laboratorium Komputer.
5.    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran menggunakan Buku Digital Interaktif sebagai sumber belajar.
6.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal pre-test untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik.
30 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
7.   Peserta didik diminta mengamati tayangan Buku Digital Interaktif, untuk mendapat wawasan mengenai Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan Hidup.
8.   Peserta didik diminta untuk mencatat hal-hal yang sudah dipahami dan belum dipahami.
9.   Guru menugaskan peserta didik untuk membaca kembali tentang hasil pengamatan.
Menanya
10.    Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dipahami
11.    Guru memberikan tugas untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
Mencari Jawaban
12.    Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 5 atau 6 peserta didik)
13.    Masing-masing kelompok diarahkan untuk menyaksikan tayangan video dan membaca pertanyaan terkait video tersebut pada Lembar Kerja Siswa.
14.    Masing-masing kelompok mengajukan sebuah pendapat berkaitan dengan pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diajukan.
15.    Masing-masing kelompok mencari sebuah teori atau fakta dan data informasi mengenai Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan.
16.    Masing-masing kelompok diminta mencari informasi atau bahan untuk menjawab dan membuktikan pendapat yang diajukan terkait dengan Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan.
Mengasosiasi
17.    Secara berkelompok, peserta didik merumuskan jawaban pertanyaan Lembar kerja Siswa (LKS) yang terdapat pada Buku Digital Interaktif. Hasil diskusi berupa lembar jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah didiskusikan tersebut.
Mengomunikasikan
18.    Secara bergilir setiap kelompok mengemukakan hasil analisis diskusi kelompoknya.
19.    Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan kepada kelompok yang melakukan presentasi.
20.    Setiap kelompok yang sudah melakukan presentasi, membuat kesimpulan mengenai hasil presentasi tersebut.
21.    Guru menyampaikan kalimat penghargaan atas hasil kerja kelompok.

20 menit







30 menit






20 menit












20 menit




45 menit
Penutup

22.    Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan pengertian kualitas lingkungan hidup, dan baku mutu lingkungan hidup.
23.    Peserta didik diminta mengerjakan soal post-test untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran.
24.    Guru mengingatkan materi pertemuan berikutnya mengenai Pencemaran, Perusakan, dan Resiko Lingkungan
15 menit

H.    Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
a.       Instrumen observasi
Menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Instrumen Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lembar Kerja Siswa (LKS) meliputi 5 soal uraian, dan menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kejelasan jawaban, keaslian jawaban, dan kesesuaian jawaban dengan materi pembelajaran.
c.    Instrumen pretest dan posttest
Menggunakan soal pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal.
3.      Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.       Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)      Tes tulis bentuk pilihan ganda.
2)      Penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS).
b.      Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1)      Observasi sikap.
I.       Sumber/Referensi
Buku Digital Interaktif
1.        Somantri, Lili dan Huda, Nurul. 2014. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 2 untuk Kelas XI SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Grafindo Media Pratama
2.        Hestiyanto, Yusman. 2010. Geografi 2 SMA Kelas XI. Penerbit Yudhistira
3.        Samadi. 2014. Geografi untuk SMA Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial.  Penerbit Quadra
4.        Sugimo, Dibyo dan Ruswanto. 2009. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Bandung,   April 2015
                                                                                                Penulis



                                                                                                Nani Suryani, S.Pd.
                                                                                   

Catatan Guru Mata Pelajaran Geografi
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

0 comments: